Warna-Warna Kesukaan Rasulullah

on Senin, 12 Juli 2010

Selama ini mungkin kita hanya mengetahui bahwa Rasulullah atau Islam identik dengan warna hijau. Sebenarnya apa warna-warna favorit Rasulullah Muhammad shallahu 'alaihi wassalam?

Annas bin Malik Radliyallahu'anhu mengatakan, “Warna yang paling disukai oleh Rasulullah shallahu 'alaihi wassalam adalah hijau.” Namun selain itu Rasul juga ternyata menyukai warna putih. Ada juga keterangan bahwa Nabi Muhammad shallahu 'alaihi wassalam pernah memakai pakaian berwarna hitam, merah hati, abu-abu dan warna campuran.

Imam Al-Ghazali dalam Ihya' Ulumiddin berkata : " Yang amat disukai oleh Nabi shallahu 'alaihi wassalam ialah warna putih."

Ibnu Hajjar dalam Tanbih Al Akhbar mengatakan: "Pada hari raya kami disuruh memakai pakaian berwarna hijau karena warna hijau lebih utama. Adapun warna hijau adalah afdhal daripada warna lainnya, sesudah putih."

Ibnu Ady meriwayatkan dari Jabir Radliyallahu'anhu yang berkata: "Aku pernah melihat Nabi shallahu 'alaihi wassalam memakai serban hitam yang dipakainya pada hari raya..."

Al Baihaqi meriwayatkan hadis dari Jabir Radliyallahu'anhu katanya : "Pernah Rasulullah shallahu 'alaihi wassalam berpakaian yang bercorak merah pada dua hari raya dan pada hari Jumat."

Al-Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Abbas Radliyallahu'anhuma. dia berkata : "Pernah Nabi shallahu 'alaihi wassalam keluar dengan kepala yang dibalut sehelai kain yang berwarna abu-abu."

Imam Bukhari meriwayatkan hadis dari Anas Radliyallahu'anhu, beliau pernah melihat : "Nabi shallahu 'alaihi wassalam menutup kepalanya dengan kain biasa yang bercorak-corak warnanya."


sumber: http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/warna-warna-kesukaan-rasulullah-saw.htm

0 komentar:

Posting Komentar