Hati-Hati Dengan Propaganda Jahiliyah

on Sabtu, 10 Juli 2010

Berkata Imam Muslim rahimahullahu dalam Shahihnya:

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ يُونُسَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا أَبُو الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ اقْتَتَلَ غُلَامَانِ غُلَامٌ مِنْ الْمُهَاجِرِينَ وَغُلَامٌ مِنْ الْأَنْصَارِ فَنَادَى الْمُهَاجِرُ أَوْ الْمُهَاجِرُونَ يَا لَلْمُهَاجِرِينَ وَنَادَى الْأَنْصَارِيُّ يَا لَلْأَنْصَارِ فَخَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَا هَذَا دَعْوَى أَهْلِ الْجَاهِلِيَّةِ قَالُوا لَا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِلَّا أَنَّ غُلَامَيْنِ اقْتَتَلَا فَكَسَعَ أَحَدُهُمَا الْآخَرَ قَالَ فَلَا بَأْسَ وَلْيَنْصُرْ الرَّجُلُ أَخَاهُ ظَالِمًا أَوْ مَظْلُومًا إِنْ كَانَ ظَالِمًا فَلْيَنْهَهُ فَإِنَّهُ لَهُ نَصْرٌ وَإِنْ كَانَ مَظْلُومًا فَلْيَنْصُرْهُ

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin 'Abdullah bin Yunus; Telah menceritakan kepada kami Zuhair; Telah menceritakan kepada kami Abu Az Zubair dari Jabir dia berkata; "Pada suatu hari, ada dua orang pemuda sedang berkelahi, masing-masing dari kaum Muhajirin dan kaum Anshar. Pemuda Muhajirin itu berteriak; 'Hai kaum Muhajirin, (berikanlah pembelaan untukku!) ' Pemuda Anshar pun berseru; 'Hai kaum Anshar, (berikanlah pembelaan untukku!) ' Mendengar itu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar dan bertanya: 'Ada apa ini? Bukankah ini adalah seruan jahiliah? ' Orang-orang menjawab; 'Tidak ya Rasulullah. Sebenarnya tadi ada dua orang pemuda yang berkelahi, yang satu mendorong yang lain.' Kemudian Rasulullah bersabda: 'Baiklah. Hendaklah seseorang menolong saudaranya sesama muslim yang berbuat zhalim atau yang sedang dizhalimi. Apabila ia berbuat zhalim/aniaya, maka cegahlah ia untuk tidak berbuat kezhaliman dan itu berarti menolongnya. Dan apabila ia dizalimi/dianiaya, maka tolonglah ia! '

Berkata Ibnu Taimiyah rahimahullahu dalam Iqtidha Sirotol Mustaqim

فهاذان الإسمان المهاجرون والأنصار اسمان شرعيان جاء بهما الكتاب والسنة وسماهما الله بهما كما سمانا المسلمين من قبل وفي هذا وانتساب الرجل إلى المهاجرين والأنصار انتساب حسن محمود عند الله وعند رسوله ليس من المباح الذي يقصد به التعريف فقط كالانتساب إلى القبائل والأمصار ولا من المكروه أو المحرم كالانتساب إلى ما يفضي إلى بدعة أو معصية أخرى

“Dua ungkapan tadi : “Muhajirin dan Anshor” adalah dua ungkapan yang syari’i. keduanya disebut dalam Al-Qur’an dan as-Sunnah. Allah juga menamakan mereka dengan dua ungkapan tersebut. Sebagaimana Allah juga menamai kita dengan kaum muslimin, “Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim sejak dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al-Qur’an) ini” (Al-Hajj 78). Penisbatan kepada Muhajirin dan Anshor merupakan penisbatan yang sah dan terpuji disisi Allah dan Rasul-Nya. Bukan sekadar perkara mubah yang hanya digunakan sebagai tanda pengenal saja. Seperti penisbatan seseorang kepada suku dan daerahnya. Juga bukan termasuk makruh apalagi haram, seperti penisbatan diri kepada sesuatu yang menggiring kepada kebid’ahan atau kemaksiatan yang lain”.

ثم مع هذا لما دعا كل واحد منهما طائفة منتصرا بها أنكر النبي صلى الله عليه و سلم ذلك وسماها دعوى الجاهلية حتى قيل له إن الداعي بها إنما هما غلامان لم يصدر ذلك من الجماعة فأمر بمنع الظالم وإعانة المظلوم ليبين النبي صلى الله عليه و سلم أن المحذور من ذلك إنما هو تعصب الرجل لطائفته مطلقا فعل أهل الجاهلية فأما نصرها بالحق من غير عدوان فحسن واجب أو مستحب

“Namun demikian, ketika masing-masing diantara dua golongan tersebut saling membela kelompoknya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam langsung menyalahkannya. Bahkan menyebutnya sebagai “Propaganda jahiliyah", sampai ada yang menjelaskan kepada beliau shallallahu 'alaihi wasallam bahwa yang memprovokasikan hal itu adalah dua orang pemuda, bukan berasal dari orang banyak. Maka beliau shallallahu 'alaihi wasallam menyuruh agar yang menzhalimi dicegah, dan yang dizhalimi ditolong. Agar dengan itu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dapat menjelaskan bahwa yang dilarang semata-mata hanyalah kefanatikan seseorang terhadap golongannya secara serampangan mengikuti perbuatan jahiliyah. Adapun bila seorang membelanya karena kebenaran, tanpa bermaksud untuk bermusuhan, itu tindakan yang baik atau bahkan wajib, paling tidak perbuatan itu disunnahkan”.

0 komentar:

Posting Komentar